Jumat, 26 November 2010

Mengapa Suara Kita Hilang Saat Sakit Tenggorokan ???

Pernah kehilangan suara saat sakit tenggorokan yang terkadang suara kita menjadi serak* dan gimana gitu?? Bro Kenapa hal tersebut bisa terjadi?? Berikut penjelasannya…
picphonesound
Mulut kita memiliki dua lipatan jaringan otot elastis yang memungkinkan kita untuk dapat memproduksi suara. Ada beberapa sebab yang dapat mengubah suara kita, bahkan dalam beberapa kasus dapat membuat kita sama sekali tidak bisa mengeluarkan suara untuk sementara waktu.
Setiap kita memiliki vocal cords, yang panjang membentang pada larynx, yakni sebuah struktur di dalam mulut yang berbentuk seperti tabung/silinder yang terletak di batang tenggorokan kita. Pada waktu kita diam atau tidak mengeluarkan suara, vocal cords ini dalam keadaan rileks, dan gap/celah diantara kedua lubang dalam keadaan terbuka lebar. Namun, ketika kita berbicara atau mengeluarkan suara, celah itu menjadi berdekatan dan udara dari paru-paru melewatinya serta kemudian menggetarkan vocal cords tersebut yang akan menghasilkan suara.
Nah, jika vocal cords ini mengalami iritasi, yang bisa disebabkan oleh bakteri-bakteri atau infeksi lainnya, maka dengan otomatis hal ini akan mengubah kualitas suara kita atau dalam beberapa kasus berbicara pun menjadi tidak mungkin untuk dilakukan. Kejadian ini biasanya disebut dengan laryngitis, yang biasanya akan sembuh sendirinya dalam waktu dua mingguan.
Nah… paling tidak kita sedikit banyak sudah mengetahui mengapa terkadang suara kita menghilang entah kemana kan?? Sebaiknya kita tetap menjaga kesehatan mulut dan badan kita setiap harinya agar terhindar dari bakteri-bakteri yang menggangu.. bro
Semoga bermanfaat.. friend

Sumber : Science illustrated

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...